Komponen di dalam CPU Beserta Fungsinya

Komponen di dalam CPU Beserta Fungsinya - CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit merupakan pusat pemrosesan data pada sebuah perangkat komputer. Di dalan CPU terdapat beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Di dalam CPU inilah data yang anda input melalu keyboard akan diproses dan kemudian CPU akan memberikan data tersebut ke perangkat output seperti monitor, projector, dan printer.
Berikut adalah macam-macam komponen yang ada di CPU beserta dengan fungsinya :
1. Motherboard
Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit yang berfungsi untuk meletakkan komponen-komponen pendukung pemrosesan data seperti processor, VGA card, Lan card, dan lainnya. Motherboard bertanggung jawab untuk menjaga komponen-komponen tersebut saling bekerja dan terhubung satu sama lain.

2. Processor
Processor merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah perintah. Jadi cepat atau lambatnya komputer akan tergantung dari kecepatan processor.

3. Heatsink
Heatsink merupakan pendingin pada komputer, biasanya heatsink dipasang di processor, memory, VGA Card lainnya.

4. Memory RAM
Memory ram berfungsi sebagai penyimpan data sementara pada komputer, jadi ketika anda memberi perintah kepada komputer, memory RAM akan menyimpan perintah tersebut dan akan dieksekusi oleh processor.

5. Hardisk
Hardisk merupakan tempat menyimpan data secara permanen. Disinilah tempat data-data yang anda kerjakan akan disimpan secara permanen.

6. DVD RW
DVD RW merupakan komponen yang digunakan untuk membaca atau menulis CD/DVD. Melalui optical drive ini juga bisa memburning data dalam bentuk CD/DVD dan juga akan memunkinkan dapat membaca atau melihat file yang ada di dalam CD/DVD.

7. VGA Card
VGA Card komponen yang berfungsi untuk mengolah data video agar dapat ditampilkan dalam monitor. Untuk mendapatkan kualitas video yang berakselerasi tinggi dan cepat maka boleh menambahkan VGA Card di komputer kalian.

8. Sound Card

Sound Card digunakan untuk mengolah data suara agar dapat kita dengarkan, melalui panel output sound card kita akan bisa mendengarkan suara yang dihasilkan komputer. Dengan sound card ini kita juga dapat melakukan perekaman suara.

9. Land Card
Lan Card merupakan komponen yang berfungsi sebagai port untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya.

10. Power Supply
Power Supply berfungsi untuk mendistribusikan arus listrik ke seluruh komponen komputer. Power supply ini yang bertanggung jawab mensuplly arus ke seluruh komponen komputer hingga seluruh komponen bisa hidup dan bekerja.


Itulah macam-macam komponen yang ada di dalam CPU beserta fungsinya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen di dalam CPU Beserta Fungsinya"

Posting Komentar